Strategi Dakwah Rasulullah Di Madinah

Posted on

Assalamu’alaikum Hallo sobat rumussoal.com kali ini akan menyampaikan Artikel tentang Strategi Dakwah Rasulullah Di Madinah dan metode yang di lakukannya, lengkap dengan pengertian, ciri ciri, prilaku, dan contoh perbuatannya.

Strategi Dakwah Rasulullah Di Madinah – adalah sebuah strategi di dalam melakukan kekuatan umat muslim dengan mengajak dan mencontohkan perbuatan yang disesuaikan dengan kondisi sosial dan politik yang digunakan pada saa t Nabi berkhotbah di Madinah.

Langsung saja simak pemabahasan di bawah ini..?

Apa Itu Dakwah Rasulullah

Strategi-Dakwah-Rasulullah-Di-Madinah

Umat Islam tidak hanya harus menerapkan beberapa ide-ide utama yang digunakan sebagai strategi dakwah Nabi Muhammad, tetapi juga meniru strategi dengan membentuk masyarakat Islam atau masyarakat sipil di Madinah.

Strategi Dakwah Rasulullah Di Madinah, maka masyarakat Islam akan menerapkan ajaran Islam untuk semua aspek kehidupan dalam rangka untuk mewujudkan kehidupan sosial yang baldatun tayyibatun wa rabbun gafur.

Baca Juga: Dampak Buruk Hasad

4 Strategi Dakwah Rasulullah

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa Strategi dan misi Nabi pada saat melaksanakan dakwanya adalah.

1. Menjaga orang lain

Menjaga orang lain sebuah kunci utama dari strategi dakwah yang dikembangkan oleh Nabi, maka banyak tradisi yang menekankan umat Islam dalam naugan Nabi Rasulullah SAW.

Dan mendorong orang untuk merawat orang lain dengan memberi contoh sebagai tawladan Rasulullah SAW terhadap anak yatim dan tetangga, meraka.

2. Tempatkan diri menjadi contoh dan tawladan

Nabi sebagai teladan yang Allah utus bagi umat manusia sebagai uswatun hasanah, dan orang akan tertarik masuk Islam setelah mengetahui kepribadian Nabi.

3. Menjadi tempat untuk menyelesaikan masalah

Pertimbangan dalam kebiasaan nabi untuk menyelesaikan berbagai masalah yyang di hadapi manusia dengan menerima wahyu dari Allah, dengan meminta pertimbangan dan masukan dari sohabat.

4. Menjaga nilai-nilai keadilan

Menjaga nilai-nilai keadilan adalah sebuah tauladan dengan memberikan contoh dan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan bagi semua orang, tanpa pandang bulu.

Baca Juga: Pengertian Ghibah

Dasar Dasar Dakwah Rasulullah

Strategi-Dakwah-Rasulullah-Di-Madinah-1

A. Mendirikan Masjid

Mendirikan Masjid adalah salah satu hal yang pertama yang dilakukan Nabi ketika di Madinah dengan membangun masjid sebagai wadah Rasulullah SAW dan kaum Muslim untuk membangun sebuah masjid.

Dan Rasulullah dan umat Islam di Madinah dalam perjalanan Hijrahnya, Masjid Quba, menggunakan alat dan sarana untuk menyatukan umat Islam yang berfungsi untuk membangun shalat, tetapi juga untuk melakukan kegiatan lain oleh orang-orang muslim.

B. Membentuk Persaudaraan

Membentuk Persaudaraan antar sesama muslim yang beremigrasi ke Madinah disebut Muhajirin maka Para Muhajirin tidak membawa barang-barang ketika bermigrasi ke Madinah.

Pada saat itu umat akan diselamatkan dari penganiayaan terhadap kaum musyrik Quraish yang hanya memikirkan harta, sebagian besar Muhajirin tidak membawa barang-barang, dengan tangan terbuka.

Orang-orang Ansar dapat memperkuat persaudaraan Muhajirin dan Ansar Rasulullah, juga menyatakan bahwa mereka telah mewarisi satu sama lain.

Strategi dasar dalam persaudaraan yang dikembangkan oleh Utusan Allah sebagai Ukhuwah Islamiyah dalam persaudaraan yang berdasarkan untuk menggantikan Ukhuwah Qaumiyyah,.

C. Membentuk Perdamaian

Membentuk Perdamaian yang terlibat dalam pertengkaran, antara kedua suku yang telah berlangsung lama dan tidak ada solusi, dalam konflik antara suku-suku di Madinah terutama suku-suku besar Aus dan Khazraj, bis terkikis.

Rasulullah terus memelihara kedamaian dengan menciptakan perdamaian dalam penduduk dengan strategi dakwah Nabi di Madinah dengan kedamaian orang-orang di Madinah yang mendukung propaganda Islam.

D. Membentuk Perjanjian Dimadinah

Membentuk Perjanjian Dimadinah denga orang-orang Madinah bukan hanya Muslim dalam kesenjangan dan menjaga semua persatuan dalam bimbingan Rasulullah.

E. Membentuk Kekuatan Agama

Membentuk Kekuatan Agama dalam Islam hal ini juga dapat di lakukan dengan beberapa kelompok yang masih menghadapi pada tantangan dan hambatan, orang-orang kafir Quraisy.

Karena hal itu, nabi terpaksa membela diri dan membela Islam dengan melayani undangan untuk berperang yang dilancarkan oleh umat Islam pada zaman Nabi.

Baca Juga: Pengertian Husnuzan

Demikian sobat yang dapat kami sampaikan mengenai ulasan tentang, Strategi Dakwah Rasulullah, lengkap dengan dasar dakwahnya, semoga apa yang sudah kami sampaikan di atas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga Artikel Lainnya: