Pengertian Taat

Posted on

Assalamu’alaikum Sobat rumussoal.com pada kesempatan ini kami akan menyampaikan Artikel tentang Pengertian Taat menurut islam dan contohnya perbuatannya, meliputi dari makna, arti, manfaat dan cara melakukan perbuatannya, supaya mudah dipahami.

Pengertian Taat merupakan sebauah perbuatan apa yang diperintah oleh Alloh dan Nabi Muhammad, maka wajib seorang Muslim mendengarkan dan menaati apa yang diinginkannya dan melakukan ahlak yang baik.

langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Taat Adalah

Pengertian-Taat

Ketaatan adalah salah satu upaya untuk selalu mengikuti perintah Tuhan dengan menghindari semua larangannya, tergantung pada keyakinannya.

Kepatuhan juga harus dimiliki oleh setiap muslim dalam kehidupan di dunia sebagai contoh yang sangat sederhana adalah kita harus berdoa dan menjalankan shilat 5 waktu.

Jika mematuhi Allah, kita juga harus mematuhi Rasulullah, dengan ketundukan dan ketaatan dan dapat melukai perilaku yang sesuai dalam ajaran islam.

Baca Juga: Pengertian Ghibah

Contoh Taat dan Meneladaninya

penjelasan di atas maka disini juga kami akan membahas bagai mana contoh ketaatan kepada Allah SWT dan bagai mana meneladanni nya adalah:

  • Lakukan shalat lima waktu yang tulus
  • Membayar zakat atau hartanya di jalan Allah
  • Puasa bulan Ramadhan
  • Melakukan haji dan dapat melakukannya
  • Berbuat baik terhadap kedua orang tua
  • Menjaga perbuatan yang baik
  • Menjaga perkataan dan berkata jujur
  • Kesabaran dan bersyukur atas apa yang diberikan oleh Alloh
  • Selalu mengucapkan kata-kata yang baik
  • Selalu melakukan perbuatan hal yang baik
  • Saling menasihati sesama muslim yang beriman

Baca Juga: Pengertian Husnuzan

Perilaku Taat pada Kehidupan

Ketaatan kepada Tuhan dan Rasul adalah perbuatan yang sangat baik dalam perbuatan kita sehari – hari dan harus sesuai dengan kemampuan yang ada tanpa alasan.

Allah SWT telah menugaskan Nabi Muhammad untuk menyampaikan pesan kepada umat manusia tanpa memandang status dan posisi, suku dan ras nya, sehingga setiap Muslim yang mematuhi Allah SWT harus mematuhi semua perintah Rasulullah sebagai Utusannya.

Baca Juga: Dampak Buruk Hasad

Sikap perilaku taat

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa sikap yang sering disebut perbuatan atau prilaku taas diantaranya adalah sebgai berikut.

1. Taat kepada Allah S.W.T.

Mematuhi apa yang di perintah Allah SWT berarti mematuhi dan menghindari semua larangannya, dengan memiliki perilaku patuh, dalam kehidupan di dunia.

Ada tiga arti ketaatan kepada Allah adalah:

a. Ketaatan pada kepatuhan – adalah sebuah ketaatan yang mematuhi perintah Allah, terhadap perintah-perintah Allah, misalnya sholat, puasa dan zakat, dan menjauhi apa yang dilarang oleh Allah.

b. Ketaatan yang masuk akal – adalah sebuah ketaatan yang berasal dari ajaran Islam, dan apa yang tercantum dalam Surat Al-Maidah ayat 6 yang terdapat ada aturan wudhu atau tayamum yang harus kita lakukan pada saat akan melakukan sholat.

C. Kepatuhan pada penyerahan – Dalam hal ini yang berarti bahwa tunduk pada Qada dan Qadar dan apa yang diperintah oleh Tuhan Yang Maha Esa, dan menyatakan bahwa manusia hanya bisa menyembah Allah.

Baca Juga: Strategi Dakwah Rasulullah Di Madinah

2. Taat Kepada Rasul-Nya

Taat kepada Rasul yaitu setiap muslimin harus melaksanakan ajaran – ajaran yang terdapat dalam hadist Nabi Muhammad SAW.

Artinya :

Dan ta`atlah kalian kepada Allah dan ta`atlah kalian kepada Rasul, jdan jangan kalian berpaling dan sesungguhnya kewajiban Rasul Kami hanyalah menyampaikan amanat.

3. Taat Kepada Ulil Amri ( Pemimpin )

Taat kepada Ulil Amri adalah sebuah keutamaan dalam setiap umat muslim yang harus taat atas terhadap setiap pemimpinnya masing – masing dan selalu berada di jalan kebenaran dan diridhai Allah SWT.

Sekian sobat yang bisa kami sampaikan, pembahasan tentang arti dan perngertian taat dalam islam, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Misi Dakwah Nabi Muhammad