Contoh Prilaku Hasad

Posted on

Assalamu’alaikum sobat, rumussoal.com kali ini akan menyampaikan materi tentang Contoh Prilaku Hasad dalam kehidupan sehari-hari – lengkap dengan pengertian, makna, arti , dan contoh perbuatan nya dalam ajaran agama islam, supaya mudah dipahami.

Contoh Prilaku Hasad – adalah sifat yang paling tercela, karena orang yang memiliki sifat ini adalah orang yang sombong dan cemburu terhadap kesenangan orang lain.

Langsung saja perhatikan artikel kami dibawah ini…?

Pengertian Hasad

Contoh-Prilaku-Hasad-1

Hasad adalah salah satu sikap seseorang yang tidak bahagia terhadap orang yang menerima kebahagiaan atau hasad juga perbuatan dengan kedengkian yang di sebabkan dengan persaingan yang saling menjatuhkan orang lain.

sikap hasad juga perbuatan yang sangat di larang oleh Allah, karena sifat ini adalah menjerumuskan kedalam kesesatan, dan sifat yang sangat di senangi oleh setan.

Hasad berarti perasaan yang tidak senang terhadap orang ylain yang mendapat kebahagiaan, dan kecemburuan terhadap saudara-saudaranya yang memiliki segalanya atau yang disebut dengan kesenangan.

Perilaku ini terkadang sering timbul di dalam kehidupan sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat.

Alloh Berfirman

Alloh-Berfirman

Baca Juga: Pengertian Tekun

Macam Macam Hasad

pembahasan singkat diatas maka kami juga akan menyampaikan macam macam sifat Hasad diantaranya adalah sebagai berikut.

Hasad terpiji (Ghibthoh) – Hasad yang terpuji adalah salah satu bentuk keinginan yang sangat mirip dengan keinginan yang akan dialami saudaranya dalam hal kebaikan dan akan mengharapkan bantuan untuk menghilangnya saudara.

Hasad tercela – adalah salah satu bentuk sikap yang biasanya seseorang yang yang mendapatkan bebaikan dengan bantuan saudaranya, serta dengan keingan yang tidak sesuai dalam ajaran agama sehingga hal ini adalah haram.

Baca Juga: Pengertian Taat

Penyebab Sifat Hasad

Hasad sebagai penyakit yang sangat berbahaya dan siaapa saja akan mengalami sifat ini, berikut ini adalah penyebab terjadinya sifat hasad atau dengki adalah.

A. Permusuhan dan kebencian

Permusuhan dan kebencian adalah sebuah sifat dengan sifat yang jahat dan akan terjadi permusuhan dapat membuat seseorang ingin mengalahkan lawannya.

Sikap ini berarti akan mendapat kan musuh yang banyak dan berusaha untuk mengalahkan orang lain dengan cara yang tidak wajar atau disebut dengan perbuatan yang jahat.

B. Sombong dan Ujub

Sombong dan Ujub adalah menyebabkan terjadinya perilaku yang jahat dan selalu merasa di atas, serta orang lain selalu di pandangnya rendah dan tidak suka menerima bantuan yang mungkin menemaninya.

Sifat ini juga disebut sifat yang arogan yang disebabkan oleh Hasad dan ujub karena tidak suka kalau ada orang lain yang menerima bantuan dan dipindahkan kepadanya.

C. Harta dam cinta dunia

Harta dam cinta dunia dalah sebuah sifat yang sangat berbahaya karena seseorang terlalu mencintai kekayaan dan tidak suka kalau ada orang lain yang memiliki kekayaan lebih dari dirinya.

Baca Juga: Misi Dakwah Nabi Muhammad

Contoh perilaku hasad (dengki)

  • Tidak bersyukur apa yang diberikan Allah SWT
  • Tidak senang dengan kesuksesan orang lain
  • Senang ketika seseorang lain menderita
  • Perasaan yang jahat dan suka menyakiti orang lain
  • Bertindak sombong karena dia merasa lebih baik daripada orang lain

Cara menghindari perilaku hasad

  • Selalu bersyukur apa yang diberikan oleh Allah SWT.
  • Mengakui perilaku jahat adalah perilaku yang tercela .
  • Menyadari perilaku jahat kan membawa kesesatan .
  • Berpikir positif tentang peristiwa yang terjadi.
  • Tetap percaya diri dan optimis.
  • Hindari permusuhan terhadap orang lain.
  • Tidak sombong dan suka membatu sesama

Nah sekian sobat materi yang dapat kami sampaikan semoga apa yang sudah kami samapaikan dapat mudah di pahami, dam bermanfaat untuk kita semua, sekian daa terima kasih.

Baca Artikel Lainnya: