Teknik Dasar Memanah

Posted on
Teknik-Dasar-Memanah

Artikel membahas Teknik Dasar Memanah – lengkap dengan pengertian, manfaat, peralatan, lapangan, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Salam Olahraga,,, Teknik Dasar Memanah itu adalah salah satu olahraga yang membutuhkan konsentrasi yang penug karena untuk menembak panah pada target, dan harus dapat menjaga keseimbangan pada saat melakukan memanah.

Lansung saja simak pembahasn di bawah ini…?

Apa Itu Memanah

Dasar-memanah

Memanah merupakan olahraga yang sangat populer saat sekarang yang hampir semuah orang menyukai olahraga ini baik itu laki-laki dan perempuan yang ada di Indonesia.

Dalam melakukan pada saat penguasaan teknik memanah yang tepat adalah salah satu kunci untuk mendukung kinerja yang maksimal karena membutuhkan kesabaran, keahlian, dan keuletan dalam bermain.

Memanah bukanlah hal mudah dipelajari dalam waktu yang singkat karena hal ini sangat butuh waktu untuk mempelajarinya agar dapat menguasai beberapa dasar belajar memanah.

Untuk mengetahui dasar nya lansung saja simak dibawah ini:

Baca Juga: Teknik Dasar Lompat Jauh

8 Dasar Teknik Memanah

memanah

Dari pembahasan singkat di atas maka kami akan memberikan trik dan tenik dalam olahraga memanah.

Berikut teknik memanah adlah sebagai berikut:

1. Teknik Drawing

a. Harus bernafas saat menggambar titik tujuan dengan teknik pernapasan selaput.

b. Tarik lurus sepanjang lintasan sampai menyentuh dagu dari posisi set up mencapai sekitar 2-3 inci di bawah titik jangkar.

c. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mancapai targek perlahan menarik tendon.

d. Harus stabil dengan posisi tangan saat menggambar dan dapat memutar tangan pada torsi yang tinggi.

e. Menarik lengan dan menarik jari dan harus dilakukan secara optimal saat melakukan gerakan dan jangan biarkan jari-jari menjadi kaku.

f. Saat menggambar titik target harus langsung di atas tengah garis horizontal.

g. Saat menarik busur jangan terlalu rendah dan juga menonjol.

h. Gunakan otot bahu saat menarik busur.

Baca Juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis

2. Teknik Release

  • Dead Release: adalah salah satu teknik busur saat tali meninggalkan jangkar dan tangan yang menarik masih menempel di dagu.
  • Pelepasan aktif: adalah salah satu teknik ketika busur dilepaskan dengan posisi tangan berjalan atau dilacak melalui dagu.

3. Teknik Nocking

  • Lngkah I: Bulu-bulu di ujung panah harus bergerak dari sisi
  • Langkah II: Ekor panah harus dapat masuk ke dalam.
  • Langkah III: Titik nock (panah) harus sepenuhnya dimasukkan supaya tidak mengganggu panah terbang.

4. Teknik Stance

  • Postur paralel adalah salah satu posisi kaki yang di lakukan dengan sejajar pada lantai, sehingga kedua kaki sejajar dengan target membentuk 90o.
  • Open Stance adalah salah satu posisi kaki sedikit lebar dari tanah dengan membentuk 60o.
  • Postur yang ketat adalah salah satu postur atau posisi kaki ketika yang menutup di lantai sehinga jari kaki kanan menyentuh garis imajiner dengan membentuk 120 °.
  • Postur miring adalah salah satu posisi tertutup, yyang di lakukan dengan ujung kaki yang sejajar dearah arah pusat target yang membentuk sudut 45o.

5. Teknik Anchoring / Penjangkaran

  • Tempatkan posisi yang sama dengan jangkar dan menarik jangkar pada pegangan yang kuat dan aman .
  • Pemanah dapat melihat di antara mata dan pada saat yang sama mengarahkan pada busur.
  • Pada teknik jangkar pemanah harus menggunakan tangan dan menarik tendon agar menyentuh bagian tengah dagu
  • Teknik jangkar samping maka pemanah harus menggunakan tali busur agar menyentuh sisi dagu sambil memegangnya di bawah dagu.

6. Teknik Aiming/Membidik

Membidik adalah teknik yang paling penting pada saat memanah karena teknik ini bertujuan supaya dapat melakukan gerakan yang mengarahkan pada sasaran pada saat memanah.

Dalam teknik ini maka posisi tubuh harus dijaga agar tidak bergerak dan pada ketinggian maka perlu diperhatikan dengan membantu kecepatan angin dan sudut pada target.

7. Teknik (Set-up)

Seorang yang harus dikuasai pemanah supaya dapat mengatur kekuatan jari dengan menekan tali untuk menariknya atau sebagai teknik set up, dengan membentuk sekitar 30%.

Hal ini dapat menunjukkan bahwa dalam penumpukan harus digunakan untuk menentukan posisi kaki secara rileks dan menahan beban berat pada kedua kaki.

Baca Juga: Teknik Dasar Panjat Tebing

8. Teknik Menahan

Teknik menahan adalah salah satu teknik yang terakhir dan dapat mempertahankan postur dengan memanah atau disebut sebagai tindak lanjut dalam melepasan anak panah.

Dalam teknik ini juga yang harus di perhatikan adalah mengontrol gerakan busur yang dilakukan dengan memegang posisi selama beberapa detik pada saat melepaskannya menuju sasaran.

Lapangan Memanah

panah-alat

OK Sobat demikian yang dapat kami sampaikan 8 dasar teknik memanah, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat beguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Teknik Dasar Sepak Bola