Contoh Gagasan

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini akan menyampaikan materi tentang contoh gagasan pokok dan utama – lengkap dengan pengertian, macam macam, tujuan, dan gagasan pokok, supaya mudah dipahami.

Gagasan adalah sebuah pernyataan inti dari suatu pembahasan biasanya gagasan pokok itu terletak pada sebuah kalimat utama yang terdapat pada awal atau simpulan paragraf.

Apa Itu Gagasan

image

Gagasan adalah bagian dari suatu ide atau sebuah pernyatan tentang inti dari pada sebuah pembahasan, dalam bahasa lain gagasan utama merupakan sebuah gagasan untuk menjadi sebuah dasar paragraf.

Gagasan Utama merupakan bagian dari inti pembahasan dari sebuah pernyataan kalimat, gagasan utama bisa juga berarti hal yang akan disampaikan penulis.

Sebuah kalimat yang memuat sebuah gagasan utama dapat juga disebut kalimat topik.

Gagasan utama pada umumnya terletak pada sebuah kalimat utama yang letaknya di awal serta di akhir paragraf, tetapi sebagian ada pula yang gagasannya berada pada awal dan pada akhir sekaligus.

Baca Juga: Contoh Laporan Hasil Diskusi

Cara Menemukan Gagasan Pokok

gagasan-2

1. Bacalah Dengan Cermat

Bacalah setiap antara kalimat antara kalimat dalam sebuah paragraf pada setiap teks tersebut secara cermat, lalu pahami juga yang dibicarakan atau yang di bahas di dalam sebuah teks.

Setelah teks itu di bahas secara keseluruhan, lalu jawabanlah pertanyaan yang sedang dibahas pada sebuah teks tersebut, sehingga Jawaban yang timbul dari pertanyaan itu yang akan menjadi sebuah topik utamanya.

2. Temukan Kalimat Utamanya

Sedangkan cara yang kedua dalam menemukan sebuah kalimat utama pada setiap paragraf yang terdapat di dalam teks. kita harus mengetahui kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan pokok.

Sedangkan kalimat penjelas merupkan sebuah kalimat khusus yang dapat mendukung sebuah kalimat utama itu.

Untuk dapat menemukan sebuah kalimat utama kita harus dapat pula melihat kalimat utama yang diukung dengan kalimat penjelas pada sebuah paragraf di dalam sebuah teks.

Baca Juga: Contoh Laporan Hasil Diskusi

Bagian Bagian Paragraf

Dari ulasan di atas dapat kita simpulkan untuk bagian-bagian sebuah paragraf yaitu:

  • Kalimat penjelas atau ide penjelas paragraf.
  • Inti sebuah kalimat atau ide pokok.

Macam Macam Paragraf

Ada beberapa paragraf antara lain:

  • Paragraf deduktif adalah sebuah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan sebuah persoalan pokok atau kalimat topik diikuti dengan kalimat penjelas.
  • Paragraf Induktif adalah sebuah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan sebuah penjelasan diakhiri dengan sebuah kalimat topik.
  • Paragraf campuran adalah sebuah paragraf yang dimulai dengan sebuah persoalan pokok atau sebuah kalimat topik.

Cara Menemukan Ide Pokok Suatu Paragraf

Adapun cara agar dapat menemukan sebuah ide pokok dalamsuatu paragraf yaitu:

  • Menemukan Ide pokok bacaan.
  • Membaca dari keseluruhan teks bacaan.
  • Memahami isi bacaan teks bacaan tersebut.

Biasanya sebuah ide pokok dinyatakan secara eksplisit di dalam sebuah kalimat topik atau kalimat utama.

Paragraf yang sebuah ide pokoknya terdapat pada sebuah awal paragraf dapat disebut paragraf deduktif, sedangkan paragraf yang pokoknya idenya di akhir paragraf dapat disebut induktif

Baca Juga: Teknik Membaca

Membedakan Gagasan Pokok dan Kalimat Pokok

Agar kita dapat membedakan antara sebuah kalimat pokok dan sebuah ide pokok, yang pertama kita harus dapat mengetahui maksud dan pengertian dari ide pokok serta kalimat utama itu terlebih dahulu.

Di mana pada sebuah kalimat utama terdapat sebuah kalimat yang berisi tentang gagasan pokok serta diperjelas oleh sebuah kalimat lain dalam sebuah paragraf.

Sedangkan sebuah ide pokok atau sebuah gagasan yang menjadi pokok pengembangan suatu paragraf, ide pokok juga merupakan sebuah bagian dari sebuah kalimat utama yang menjadi sumber dari pada inti dari sebuah bacaan.

Sedangkan sebuah kalimat utama biasanya terletak pada awal, sedangkan jika terdapat pada awal dan akhir biasanya di sebut (deduktif induktif) atau bisa juga di sebut kalimat campuran.

Contohnya:

Bangsa indonesia memiliki sumber kekayaan alam yang begitu melimpah, sumber kekayaan alam indonesia tersebut bersumber dari perut bumi, darat, dan laut.

Sumber kekayaan alam berasal dari darat yaitu hasil hutan, sedangkan yang bersumber dari laut yaitu rumput laut, ikan, dan mutiara kekayaan alam yang dari perut bumi yaitu batu bara, minyak, emas, nikel, timah.

Baca Juga: Imbuhan Men

Contoh – Contoh Gagasan Utama

Dari beberapa ulasan yang terdapat di atas ada beberapa contoh mengenai gagasan utama antara lain:

Contoh 1 :

Pada bulan suci ramadhan merupakan salah satu momentum yang sangat tepat agar kita dapat memperbaiki serta memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.

Yang banyal sekali kekurangan kita dalam beribadah pada bulan-bulan sebelumnya, harus kita akui bahwa di dalam shalat berjamaah di masjid, atau membaca al-qur’an, sangat jarang sekali.

Jika kita tinjau dari segi kekhusukannya jika kita mau berkata jujur, banyak diantara umat islam yang terang-terangan dalam meninggalkan ibadah wajibnya.

Hal semacam ini sangat disayangkan, dalam segi kuantitas masih sedikit sekali umat muslim yang mengerjakan ibadah sunnah dengan begitu Kita sangat perlu memperbaiki ibadah pada kita

Gagasan utama yang terdapat pada paragraf di atas terletak pada akhir paragraf sebuah kalimat utama sedangkan gagasan utama tersebut terdapat di dalam sebuah kalimat utama.

Contoh 2 :

Suatu pembelajaran yang sangat menarik memang sangat di butuhkan dalam dunia pendidikan di negara Indonesia.

Para guru di dalam dunia pendidikan mereka berpendapat bahwa proses sebuah pembelajaran akan sangat disukai serta mudah dipahami oleh para peserta didik jika dijalankan dengan inovatif.

Banyak sekali para peserta didik yang mudah jenuh sehingga malas untuk belajar, sebab pola pembelajaran sangat tidak menyenangkan serta sangat membosankan.

Dengan begitu perlu adanya sebuah inovasi seperti sebuah permainan dalam pembelajaran, namun bukan berarti belajar serta sambil main tetapi belajar dengan sangat menyenangkan misalnya belajar di alam terbuka dengan disisipkan permainan.

Gagasan utama yang terdapat pada sebuah paragraf di atas terletak di awal paragraf pada sebuah kalimat utama Selanjutnya sebuah gagasan utama diperkuat oleh kalimat penjelas setelah kalimat utama itu sendiri.

Contoh 3 :

Sebuah pelayanan tentang birokrasi yang terdapt di Indonesia sangat dipenuhi oleh pegawai yang tidak taat dengan kode etik sehingga segala menjadi carut-marut.

Bukan rahasia umum lagi bagi masyarakat jika pelayanan birokrasi sangat jauh sekali dari kata melayani, dari jam pelayanan yang ngaret, pegawai yang tidak ramah, hingga pegawai yang sering absen.

Belum pegawai yang sering meminta uang kepada sebagian warga setelah mereka melaksanakan tugasnya, hal semacam itu sering kita temui di kantor-kantor pelayanan masyarakat.

Birokrasi semestinya menjadi sebuah lembaga yang berisikan dengan orang-orang yang siap melayani semua kebutuhan dari pada masyarakat serta bertanggung jawab terhadap sebuah pekerjaannya.

Gagasan utama yang terdapat pada sebuah paragraf di atas terletak pada akhir paragraf dalam sebuah kalimat utama sedangkan gagasan utama dalam dalam sebuah kalimat tersebut adalah birokrasi.

Contoh 4 :

Sebuah olah raga merupakan suatu aktivitas yang bermanfaat sangat besar Olah raga yang sifatnya bermainan berupa sepak bola, bola basket, dan bola voli.

Jika kita perhatikan permainan olah raga cukup merepotkan sebab harus membutuhkan sebuah lapangan, dan sebuah peralatan olah raga yang lainnya.

Gagasan utama yang terdapat pada sebuah paragraf di atas terdapat pada akhir paragraf di dalam sebuah kalimat utama, sedangkan sebuah gagasan utama diperkuat dengan sebuah kalimat penjelas pada sebuah kalimat utama.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com pembahasan tentang contoh gagasan utama, semoga materi yang singkat ini mudah dipahami dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya >>>>>