Limbah lunak

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini akan menyampaikan materi tentang Limbah lunak dan karakteristiknya – lengkap dengan pengertian, ciri ciri, dan manfaat, jenis dan contohnya supaya mudah dipahami.

Limbah lunak – adalah limbah yang terdiri dari kandungan bahan yang mudah dibentuk dan lentur atau diolah lagi secara sederhana, limbah lunak di bagi menjadi 2 bagian yaitu limbah lunak organik dengan limbah lunak anorganik mengenai penjelasannya ada dibawah ini:

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Apa Itu Limbah Lunak

Limbah-lunak

Limbah lunak ialah jenis limbah yang berbentuk padat, sangat susah atau bahkan tidak bisa untuk di uraikan ataupun tidak dapat membusuk, limbah anorganik tidak terdapat unsur karbon.

Misalnya:

Limbah anorganik nya adalah plastik, baja, dan beling, sampah anorganik berasal dari sumber daya alam kimia yang tidak terpakai, maka hal ini juga merupakan suatu kerajinan tidak dapat mengganggu lingkungannya.

Ciri Kerajinan limbah lunak

Namun seiring dengan perkembangan zaman, banyak alat yang diciptakan agar mempermudah dalam memanfaatkan sampah plastik, agar lebih efektif dan efisien.

Ada 2 (dua) jenis limbah organik, yaitu limbah organik basah dengan limbah organik kering.

1. Limbah linak Kering ialah limbah yang mempunyai kandungan air yang rendah.

Misalnya:

Kardus, kertas, serbuk gergaji, tempurung/ serabut kelapa, sisik ikan, kerang, kayu sisa, dll.

2. Limbah Lunak Basah ialah limbah yang mempunyai airnya cukup banyak.

Contohnya:

Sayuran, daun-daunan, kulit ataupun bagian buah-buahan, dll.

Baca Juga: Media Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Contoh kerajinan Limbah Lunak

contoh-Limbah

1. Kerajinan bahan pelepah pisang

Hampir sebagian orang berpendapat bahwa bagian dari tanaman pisang yaitu tepatnya pelepah pisang yang telah kering ialah sampah yang tidak berguna, akan tetapi, pendapat itu salah, ternyata pelepah pisang yang sudah kering tersebut dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan yang sangat menarik dan dan dapat di buat seunik mungkin.

Apabila dijual barang tersebut harganya mahal dan dapat menghasilkan keuntungan yang banyak,Tanaman pisang sangat banyak pertumbuhannya di negara indonesia dan hampir setiap penjuru daerah di indonesia ada tanaman pisang, karena itu apabila ingin mendapatkan bahan untuk membuat kerajinan dari batang pohon pisang tidak akan kesulitan dalam mencarinya.

Baca Juga: Sinopsis Tari

2. Kerajinan bahan Kacang dan biji-bijian

limbah lunak organik dari biji-bijian

Indonesia adalah negara dengan bentuk tanah yang sanggat subur, banyak sekali jenis tamanan yang bisa hidup di indonesia, begitu juga dengan tanaman yang terdapat banyak sekali tanaman biji-bijian yang berada di indonesia, tidak hanya untuk dikonsumsi ternyata biji-bijian juga dapat dibuat menjadi sebuah lukisan yang keren apabila ditempel. 

Dengan penempatan yang tepat, serta campuran warna yang tepat agar dapat menghasilkan sebuah lukisan yang sangat indah, sanggat perlu dilakukan pengawetan supaya lukisan dari bahan biji-bijian tidak rusak dan tidak dimakan oleh binatang terutama rayap.

Kerajinan limbah organik dari biji-bijian sangat banyak sekali pengrajinnya,apabila dibuat dengan bentuk maupun gambar yang sanggat menarik ini juga merupakan daya tarik tersendiri, ditangan para pengrajinnya yang kreatif , biji-bijian juga dapat disulap menjadi kerajinan yang menarik lainnya.

Manfaat Kerajinan Limbah Lunak

Beberapa manfaat yang kita dapat lihat dari limbah yang 1 ini, salah satunya yakni dapat ikut serta dalam pengurangan pencemaran lingkungan, selain itu juga dengan adanya kegiatan pengolahan limbah botol, kita juga dapat menyalurkan pendapat yang kreatif kepada masyarakat indonesia.

Selain hal tersebut limbah botol juga dapat digunakan sebagai sebuah produk kerajinan tangan yang berbahan dari botol kaleng, botol plastik, atau botol kaca yang pastinya memiliki harga jual yang tinggi, hal ini karena jarang adanya sebuah kegiatan pengolahan limbah yang dapat dijadikan kerajinan-kerajinan yang memiliki nilaiseniyang indah.

Dan disisi lain, juga dapat dijadikan hasil kerajinan yang menarik sehingga menjadi tambahan sampingan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari dan juga dapat dijadikan sebagai kegiatan produktivitas bagi anak-anak muda.

Jenis Kerajinan Limbah Lunak

Dari apa yang sudah kami sampaikan diatas maka kami juga akan menyampaikan beberapa jenis yang terdapat dalam kerajian limbah lunak diantaranya adalah.

1. Kerajinan Pot Botol Kaca

limbah lunak dari botol

Masih belum pergi dari kerajinan,kali ini kerajinan pot dan juga botol kaca yang biasanya di buang apabila telah selesai pemakainya dapat diubah menjadi pelengkap dapur untuk menaruh bumbu masakan.

Selain mudah dalam membuatnya kamu juga dapat menghemat biaya perjalanan untuk membeli bahan-bahan makanan yang tempatnya jauh dan membutuhkan biaya dalam perjalanannya, dan dengan menggunakan karya inovatif seperti ini kita tidak perlu lagi berpergian jauh untuk mencari atau membeli bahan makan.

Cukup di dalam dapur sudah terdapat berbagai bahan makanan, dan juga dengan pemanfaatan botol bekas seperti ini kamu bisa mengurangi berbagai macam penyakit contohnya demam berdarah yang notabene yang berasal dari nyamuk aedes aegypti yang berkembangbiak di genangan air yang sering berada dibotol bekas.

2. Wadah pensil unik

Limbah-botol

Wadah pensil yang kekinian dan juga imut dan lucu di taruh dalam tempat belajar agar memberi kesan refreshing ketika kamu jenuh saat belajar, wadah yang lucu dan juga simpel dalam cara pembuatanya, banyak orang mungkin berpendapat bahwa kerajinan ini sulit dibuat dan memerlukan bahan yang banyak dan sulit untuk ditemukan.

padahal tidak sama sekali kerajinan tersebut bisa juga dibuat dari botol bekas dengan menggunakan sedikit kreativitas dapat menjadikan botol yang akan dibuang menjadi sayang untuk di buang.

Ringkas Limbah Lunak

Kesimpulannya kerajinan dari botol bekas merupakan salah 1 solusi untuk membuat produk yang bermanfaat untuk kita sendiri bahkan juga untuk orang lain, dengan sedikit bantuan kertas kardus kecil, bungkus kado , kertas kardus kecil, lem, dan gunting tentunya.

Kamu bisa memaksimalkan botol bekas tersebut agar menjadi barang yang berkualitas, memiliki nilai yang komersail yang tinggi dan juga tentunya murah tapi gk murahan.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang Limbah lunak, semoga materi yang singkat ini mudah dipahami dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel Lainnya>>>>>