Tata Panggung

Posted on

Halllo sobat rumussoal.com akan menyampaikan materi tentang Tata Panggung dalam pentas teater – meliputi dari pengertian, bentuk, jenis, unsur, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Tata Panggung – adalah salah satu seni dalam teater dalam menghias dan menampilkan pertunjukan yang telah dicetak dan dapat di lakukan dalam ruangan terbuka dan tertutup, sehingga sebuah pertunjukan dapat berjakan dengan baik.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Tata Panggung Adalah

Tata-Panggung

Tata panggung adalah salah satu bidang seni teater yang disebut latar belakang pada saat malakukan adegan permainan yang akan diwujudkan oleh tata letak panggung dalam pertunjukan.

Tata panggung juga harus disesuaikan dengan persyaratan sejarah, dalam artistik sutradara dan yang di mana pertunjukan akan berlangsung jika seorang manajer panggung sebelum melakukan pengaturan panggung.

Tata letak akan digunakan, dalam elemen komposisi yang harus diperhitungkan, dan akan mendapatkan fungsi pada saat melakukan letak juga harus didiskusikan terlebih dahulu.

Dalam hal ini juga terdapat sebuah perabotan dan peralatan sangat penting untuk pembuatan set panggung yang berbentuk lukisan dekorasi atau bentuk bangunan yang tertutup secara vertikal.

Pokok Dasar Tata Panggung

Pokok Dasar dalam adalah sebuah penampilan visual dari lingkungan sekitar untuk melakukan dan merancang panggung yang harus memperhatikan aspek ruang gerak.

Berikut beberapa hal dalam pokok pada tata panggung yang harus merencanakan set seperti adalah.

  • Dapat menciptakan ruang dalam permainan
  • Dapat memberikan suasana permainan
  • Dapat memberikan tampilan dengan menarik
  • Dapat dilihat dan dipahami bagi peserta
  • Desain yang sederhana
  • Bermanfaat sebagai aktor atau pemain
  • Dapat membuat suasana pada elemen yang terkandung dalam tampilan visual.

Selain itu juga seorang desainer panggung memiliki satu tujuan dalam bentuk praktis dan organik.

  • Lokal, yaitu penataan panggung yang dapat memberi ruang bagi aktor.
  • Ekspresif, yaitu pengaturan panggung yang dapat memperkuat gerakan dengan penjelasan dalam suasana dengan tindakan.
  • Menarik, yaitu penataan panggung yang harus menawarkan tampilan yang menarik.
  • Sederhana, yaitu penataan panggung yang harus sederhana yang terdiri dari satu meja dan dua kursi.
  • Berguna, yaitu pengaturan panggung yang harus dirancang sedemikian rupa dan bermanfaat sedemikian rupanya.
  • Praktis, yaitu pengaturan panggung yang harus dirancang secara efisien dan dapat memenuhi persyaratan teknis .

Macam Macam Tata Panggung

Dari apa yang sudah kamisampaikan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa jenis rancangan dalan dalam tata panggung diantaranya adalah sebgai berikut.

1. Panggung Prosenium Atau Pigura

Prosenium Atau Pigura adalah panggung konvensional dengan Proseniumraum yang digunakan untuk menyaksikan pertunjukan yang dipisahkan atau dibatasi oleh dinding atau lubang prosenium.

Tahap Prosenium dapat dibuat untuk membatasi area bermain dengan penonton sehingga penonton lebih fokus pada pertunjukan dan pertunjukan harus lebih jelas dan menarik perhatian penonton.

2. Panggung Portable

Panggung portabel adalah salah satu panggung tanpa layar yang dapat dibuat di dalam atau di luar gedung dengan menggunakan platform podium dan platform, sebagai tempat bagi penonton yang biasanya menggunakan kursi lipat.

3. Panggung Arena

Panggung arena adalah salah satu bentuk panggung yang paling sederhana dan dibandingkan dengan bentuk panggung lainnya dan dapat dilakukan di dalam atau di luar gedung.

Dan akan terdapat sehingga kursi di barisan belakang dapat melihat dengan baik tanpa terhalang oleh wajah denga layar di akhir acara atau putaran yang dapat digunakan dalam bentuk blackout.

4. Panggung Terbuka

Panggung terbuka adalah salah satu tata panggung yang dapat digunakan untuk membuat penampilan luar dan dapat berlangsung di beranda rumah.

Sekian pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai ulasan tentang, Tata Panggung, semoga artikel ini dapat membantu dan mudah di pahami, sekianm dan terima kasih.

Baca Juga Artikel Lainnya: