Cara Mengukur Kebugaran Jasmani

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini kami akan menyampaikan materi tentang Cara mengukur kebugaran jasmani dalam bidang olahraga – lengkap dengan pengertian, manfaat, faktor, dan cara melatihnya supaya mudah dipahami.

Kebugaran Jasmani Adalah

Cara-Mengukur-Kebugaran-Jasmani

Kebugaran jasmani adalah salah satu bentuk dari kemampuan fisik yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan kegiatan setiap hari tanpa merasakan lelah atau capek dalam melaksanakan semua aktifitas yang dikerjakan, oleh karena itu seseorang yang memiliki kebugaran jasmani atau tubuh yang baik akan mudah dalam melakukan semua pekerjan.

Kebugaran jasmani atau kesehatan jasmani dapat dijelaskan menjadi 2 arti yaitu sebagai berikut :

  1. Sehat, yaitu merupak kondisi dimana tubuh fisik atau mental terbebas dari segala penyakit.
  2. Bugar, merupakan kondisi yang dimana seseorang akan mampu melakukan berbagai olahraga dengan kekuatan.

Baca Juga: Senam Irama Tanpa Alat

Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Kebugaran-Jasmani-1

Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa pengertian kebugaran jasmani menurur para ahli, yaitu :

1. Agus Muklholid

Kebugaran jasmani merupakan salah satu kemampuan seseorang untuk melakukan kerja dengan daya tahan yang lama, tanpa mengarasakan lelah atau capek yang berlebihan.

2. Djoko Irianto

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan fisik seseorang untuk dapat melakukan kerja dalam seperti biasa secara efisien tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan.

3. Muhajir

Kebugaran jasmani merupakan kesanggupan tubuh dalam melakukan berbagai kegiatan yang dilakukan tanpa merasakan lelah yang berat.

4. Mochamad Sajoto dan Judith Rink

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan setia hari tanpa mengalami kelelahan berlebihan dengan mengeluarkan energi yang cukup banyak.

5. Sutarman

Kebugaran jasmani merupakan suatu bentuk diri yang memungkinkan seseorang mampu untuk menjalankan aktifitas kehidupan yang produktif dan dapat menyesuaikan beban atau rasa stres yang di alaminya.

 6. Rusli Lutan

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan diri seseorang supaya dapat melakukan berbagai olahraga dengan kemampuan kekuatan tenaga.

7. Sadoso Sumosardjono

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk melaksanakan tugas setiap hari dengan mudah tanpa lelah yang berlebihan.

8. Soedjatmo Soemowardoyo

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat tubuh dalam batas pekerjaan yang membutuhkan banyak energi.

Baca Juga: Pengertian Daya Tahan Tubuh

Manfaat Kebugaran Jasmani

kesehatan

Berikut terdapat beberapa manfaat dari kebugaran jasmani, diantaranya yaitu :

  1. Untuk dapat meningkatkan kekuatan otot tulang dan sendi atau dapat mencegah terjadinya tulang keropos.
  2. Untuk dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan kuat.
  3. Untuk dapat memperbaiki penampilan tubuh menjadi terlihat lebih mempesona atau terlihat kuat.
  4. Untuk dapat meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh sehingga tubuh nampak berenergi.
  5. Untuk dapat memperbaiki sistem sirkulasi darah atau sistem kerja jantung.
  6. Untuk dapat memperbaiki tingkat respon tubuh terhadap lingkungan sekitarnya.
  7. Untuk dapat membakaran lemak pada tubuh.
  8. Untuk dapat mencegah atau mengurangi potensi serangan jantung.
  9. Untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  10. Untuk dapat membantu mengurangi rasa stres pada diri.

Baca Juga: Macam Macam Gerakan Senam

Cara Mengukur Kebugaran Jasmani

Berikut ini terdapat beberapat cara yang perlu anda ketahui dalam mengukur kesehatan atau kebugaran jasmani, diantaranya yaitu :

1. Mengukur Kekuatan Tubuh

Cara mengukur kekuatan tubuh merupakan kekuatan yang dilakukan dengan cara mengukur kondisi tubuh, yaitu dilakukan untuk menjaga kesahatan tubuh guna memperlancar peredaran darah dan kekuatan otot supaya dapat menjalankan semua aktivitas yang dilakukan.

Salah satu cara untuk melatih kekuatan tubuh yaitu dengan cara berolah raga secara teratur, berikut terdapat bebarapa cara bentuk melatih kekuatan pada tubuh yaitu sebagai berikut :

  1. Melatihan kekuatan tubuh dengan cara push up, yaitu untuk membentuk otot tubuh, memperkuat otot perut, dan membantu kekuatan tulang.
  2. Melatih kekuatan tubuh dengan cara sit – up, yaitu untuk membuat kestabilan pada gerakan tubuh atau keseimbangan.
  3. Melatih kekuatan tubuh dengan cara squad – jump, yaitu untuk melatih kesehatan jantung, kesatan tulang, dan mempelancar peredaran darah.
  4. Melatih kekuatan tubuh dengan cara skipping, yaitu untuk meninggikan badan dan meningkatkan kinerja otak.

Baca Juga: Bentuk Bentuk Latihan Kekuatan

2. Mengkur Daya Tahan Otot

Mengukur daya tahan merupakan kemampuan seseorang untuk menjaga kekuatan secara maksimun, yaitu dilakukan untuk memperkuat daya tahan pada otot supaya bisa melakukan aktifitas secara stabil dan kuat.

Salah cara untuk melatih kebugaran jasmani daya tahan otot, yaitu sebagai berikut :

  1. Dengan cara melakukan lompata vertikal, yaitu untuk melatih daya kuat pada otot.
  2. Dengan cara melompat ke depan : yaitu untuk melatih kemampuan otot betis.
  3. Dengan cara melompat ke samping, yaitu untuk melatih daya kuat otot dan paha.
  4. Dengan cara bergerak secara cepat, yaitu merupakan kemampu untuk melakukan gerakan secara seimbang dalam waktu yang singkat.

3. Mengukur Daya Lentur Tubuh

Mengukur daya lentur tubuh merupakan kegiatan untuk melatih aktifitas tubuh manusia dalam menyesuaikan diri dengan gerakan atau aktifitas yang mengandalkan kelenturan tubuh, yaitu dengan cara melakukan senam, erobik, dan renang.

4. Mengukur Kelincahan Badan 

Mengukur kelincahan badan merupakan kemampuan seseorag untuk menyesuaikan diri, dengan cara melakukan gerakan posisi tubuh dari kiri ke kanan, dan dari belakang ke depan, itu merupakan salah satu cara untuk melatih kelincahan pada badan.

5. Mengkur Keseimbangan Tubuh

Mengukur keseimbangan tubuh yaitu untuk mengendalikan organ dan syaraf otot sehingga dapat mengendalikan gerakan tubuh dengan baik, misalnya dengan cara melakukan keseimbangan gerakan atau melakukan senam loncat.

6. Mengkur Kecepatan 

Mengukur kecepatan merupakan kemampuan dalam mengendalikan gerakan sesuai dengan sasaran, misalnya dalam permainan bola boling, permainan memanah semua itu merupakan cara melatih kecepatan.

7. Mengkur Koordinasi Tubuh

Mengukur koordinasi tubuh merupakan kemampuan seseorang dalam mengintegrasikan gerakan tubuh secara berbeda – beda dalam satu gerakan yang efektif, melatih koordinasi tubuh dapat dilakukan dengan cara memantulkan bola ke tembok lalu ditangkap menggunkan tangan kanan tangan kiri.

Baca Juga: Gerakan Senam Irama

Faktor Kebugaran Jasmani

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan kebugaran jasmani seseorang, diantaranya yaitu :

1. Asupan Makanan Bergizi

Untuk menjaga kebugaran jasmani selalu dibutuhkan makanan bergizi sebagai sumber energi dan pembentukan sel dalam tubuh, asupan makanan bergizi ini menjadi salah satu penentu tingkat kebugaran tubuh seseorang.

2. Pola Hidup Sehat

Faktor pola hidup sehat seseorang juga sangat berpengaruh pada kebugaran jasmani, cara kebiasaan yang dapat merusak kesegaran jasmani seseorang yaitu merokok, minum – minum keras, atau menggunakan narkoba, kebiasaan kecil yang harus dilakukan dalam pola hidup sehat yaitu mencuci tanggan sebelum makan, membuang sampah pada tempatnya, dan menggosok gigi sebelum tidur, itu semua merupakan faktor dari hidup sehat.

3. Kebiasaan Olah Raga

Faktor kebiasaan berolah raga dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kebugaran jasmani, tubuh kita bila tidak digerakan atau dilatih secara rutin bisa menyebabkan tubuh kaku atau menjadi lemas, dalam melaksanakan olah raga yang dilakukan tidak harus berat tapi perlu dilakukan secara rutin.

4. Istirahat Secukupnya

Untuk menjaga faktor kebugaran kita dianjurkan beristirahat secukupnya, dengan cara tidur secara sehat yaitu dengan waktu tidur selama 5 – 6 jam untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak -anak dengan waktu selama 10 -12 jam dalam sehari, dalam kebutuhan beristirahat tentu saja masing -masing usia berbeda, dikarenakan guna untuk menjaga kebugaran dan kesahat tubuh.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang Cara mengukur kebugaran jasmani, semoga pembahasan ini dapat mudah dipahami dan berguna, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya>>>>>