Satuan Rumus Debit

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini penulis akan menyampaikan materi tentang rumus debit pada volume ruang dan waktu – lengkap dengan pengertian, contoh, serta soal supaya mudah dipahami.

Rumus Debit – adalah sebuah bahasa yang meliputi sebuah rumus untuk menghitung volume, debit, dan waktu, yang biasa kita pakai dalam keidupan kita sehari – hari.

Apa Itu Rumus Debit

Satuan-Rumus-Debit

Rumus Debit adalah persamaan tentang hubungan antara volume, debit dan waktu, dari ketiga persamaan itu merupakan cara agar dapat menghitung rumus dalam menghitung debit.

Rumus-debet

Segitiga rumus di atas bisa kita pakai agar dapat mengingat rumus debit yang ada, misalnya sebuah huruf jika letaknya berdampingan maka cara menghitungnya di kalikan.

Dan jika sebuah huruf letaknya di bawah dan di atas maka rumusnya adalah bagian antara huruf yang di atas di bagi dengan huruf yang dibawah

Selain itu kita juga harus dapat mengetahuin tentang materi satuan konvernsi dalam satuan volume, karna biasanya soal yang di berikan menggunakan tentang keterangan yang berbeda.

Kesimpulanya jika kita mengerjakan tentang debit volume, harus menggunakan kedua rumus yaitu rumus tentang satuan volume dan rumus tentang debit volume.

Rumus Debit Volume waktu

Dari ulasan mengenai materi di atas sedikit terkait mengenai rumus debit, antara lain tentang adanya sejumlah persamaan tentng hubungan waktu, volume, dan debit.

Dari persamaan antara ke tiganya, dapat kita gunakan untuk menghitug suatu nilai debi.

Baca Juga: Kecepatan Sudut

Rumus Hitung Waktu

Rumus hitung waktu adalah yang di gunakan dari satuan debit liter/etik, lier/menit, liter/jam serta dm3/jam.

Sedangkan untuk sebuah persamaan yang biasa di pakai untuk menghitung volume adalah: volume, debit dikali dengan waktu

Rumus hitung waktu W = V/D

Rumus Hitung Debit

Rumus hitung debit adalah perbandingan antara waktu dan volume serta satuan mengenai volume yang biasa di gunakan pada umumny berupa dm3, liter serta satuan volume yang lain.

Lalu satuan waktu yang akan di gunakan adalah waktu, menit, dan detik dan persamaan yang di pakai dalam hitung debit merupakan debit, volume di bagi waktu

Rumus hitung debit D = V/W

Rumus Hitung Volume

Rumus hitungvolume adalah perkalian antara debit serta waktu satuan tentang debit yang biasad pakai merupakan dm3/detik, liter/detik, dm3/jam serta liter/jam.

Lalu satuan waktu yang akan di gunakan merupakan waktu, menit, dan detik, sebuah persamaan yang bisa kita pakai untuk menghitung volume adalah debit di kali waktu.

Baca Juga: Kecepatan Sudut

Contoh Soal Dan Pembahasan

Di bawah ini ada beberapa contoh soal yang harus kita pahamin agar kita dapat mengerti bagai mana cara menggunakan sebuah rumus debit di dalam menyelesaikan soal – soal yang ada.

Contoh soal

1. Sebuah air di tampung di dalam bak mandi, waktu yang di butuhkan untuk mengeluarkan air sekitar 2 menit, jika air yang keluar dari bak mandi 3 dm/detik sehingga jumlah dari pada air dalam bak itu adalah:

A. 360 liter

B. 720 liter

C. 60 liter

D. 120 liter

Caranya:

Dari volume dapat kita ketahuin melaluhi persamaan debit di kalikan dengan waktu

v = d x w

v = 3 dm/detik x 120 detik

v = 360 dm

v = 360 liter

Dengan begitu kita mengetahuin jika jumlah air di dalam bak mandi itu adalah 360 liter.

Hasilnya: A

2. Tandon air di rumah wati menampung air sekitar 150 liter, sedangkan sebuah waktu yang di butuhkan sekitar 50 menit hingga tandon air itu penuh, kira – kira sekitar butuhwaktu beapa untuk mengisi tandon air di rumah wati…?

A. 90 liter per menit

B. 40 liter per menit

C. 30 liter per menit

D. 60 liter per menit

Caranya:

Rumus persamaan dari volume di bagi dengan waktu

D = V/W

D = 150/50

D = 30 per menit

Hasilnya:

Jadi untuk mengisi tando air di rumah wati di butuhkan waktu sekitar 30 liter per menit.

3. Dalam sebuah kolam dapat menampung air sebanyak 7,2 m kubik air, sementara kolam itu di isi dengan air sebanyak 24 liter per detik, kira – kira berapa waktukah yang akan di butuhkan untuk mengisi kolam tersebut hingga penuh…?

A. 10 mmenit

B. 5 menit

C. 6,5 menit

D. 8.5 menit

Perhitungannya adalah hitungan sebuah volume dibagi dengan debit seperti:

W = v/d

W = 7.200/24 liter per detik

W. 300 detik

W 300/60 menit = 5 menit.

Hasilnya:

Sehingga waktu yang di butuhkan dalam mengisi kolam tersebut hingga dalam keadaan penuh yaitu 5 menit.

4. Dalam penampngan sebuah air yang berbentuk tabung dengan sebuah jari – jari 2 dm serta tinggi 10 dm lalu tampungan di isi selama 5 menit, lalu kira – kira berapa volume air yang akan terisi…?

Caranya:

Waktu air = 5 menit

= 5 x10

= 500 detik

4. Volume suatu ember sekitar 30 dm lalu di isi dengan air dengan sebuah debit 2 liter permenit, kira – kira butuh waktu untuk mengisi airdi embe hingga penuh…?

Caranya:

Volume = 30 dm

Debit = 2 liter/menit

Maka sebuah waktu yang akan di butuhkan = volume/debit

= 30/2

= 15 detik

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com pembahasan tentang rumus debit, semoga materi yang singkat ini mudah dipahami dan bermanfaat, sekian dan terima kasih

Artikel Yang Terkait >>>>>