Fungsi Pagelaran

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini akan menyampaikan materi tentang fungsi pagelaran dalam seni musik – lengkap dengan pengertian, macam macam, unsur, tugas dan tujuan supaya mudah dipahami.

Pagelaran – adalah suatu kegiatan atau sebuah pertunjukkan karya seni yang dibuat oleh seniman agar dapat ditunjukkan kepada seluruh masyarakat, diantaranya pagelaran seni lukis, musik, dan drama.

Apa Itu Pagelaran

fungsi-pagelaran

Pagelaran adalah sebuah karya seni yang bertujuan untuk di tunjukan kepada orang banyak pada tempat dan waktu tertentu.

Untuk mencapai sebuah tujuan pada umumnya pagelaran adalah sebuah kegiatan konsumsi secara tidak langsung antara penonton dan pemain untuk mencapai sebuah kepuasan masing-masing antara penonton atau pemain.

Baik buruknya sebuah pergelaran dapat kita lihat bagaimana respon serta tanggapan atau perhatian para penonton selama kegiatan pagelaran itu berlangsung.

Terkadang ada sebuah pagelaran yang belum selesai sudah di tinggalkan oleh para penonton ini menandakan bahwa sesungguhnya pagelaran itu tidak dapat berinteraksi dengan seluruh penontonnya.

Pengertian Pagelaran Menurut Para Ahli

tarian1

Ada beberapa pakar atau ahli yang menyimpulkan mengenai pagelaran dan sebuah seni yaitu:

1. Murgiyanto ( 1995 )

Menurut Murgiyanto, di dalam sebuah pagelaran atau sebuah Seni pertunjukan adalah merupakan tontonan yang terdapat nilai seni dimana disajikan sebagai sebuah pertunjukan pada penonton.

Menurut Murgiyanto, di dalam sebuah pagelaran atau sebuah Seni pertunjukan adalah merupakan tontonan yang terdapat nilai seni dimana disajikan sebagai sebuah pertunjukan pada penonton.

Murgiyanto mengatakan juga jika sebuah kajian pertunjukan yang dapat pertemukan ilmu-ilmu seni seperti kajian tari, kajian teater, musikologi, di dalam sebuah satu titik.

2. Bagus Susetyo

Menurut Bagus Susetyo, di dalam sebuah pagelaran atau Seni pertunjukan adalah merupakan ungkapan sebuah budaya, dan wahana agar dapat menyampaikan nilai-nilai budaya itu sendiri.

Di dalam sebuah perwujudan sebuah norma artistik dan estetik yang semakin berkembang sesuai zaman, dan pada sebuah wilayah dimana seni pertunjukan itu akan tumbuh.

3. Roselee Goldberg

Menurut RoseLee Goldberg, di dalam sebuah pagelaran atau Seni pertunjukan merupakan sebuah tontonan yang dapat disajikan sendiri atau group dan kelompok dengan sebuah pencahayaan.

Sedangkan sebuah gambar atau musik yang dibuat oleh seorang artis sendiri, dan dilakukan pada sebuah tempat mulai dari sebuah museum galeri.

4. Muhyani

Menurut Muhyani, di dalam sebuah pagelaran atau seni pertunjukan adalah sebuah media agar dapat mengekspresikan sebuah rasa, cipta, dan karsa manusia.

5. Edi Sedyawati

Menurut Edi Sedyawati, di dalam sebuah pagelaran dan Seni pertunjukan ditemukan pada era zaman prasejarah terutama pada zaman perunggu yang perkembangannya memiliki fungsi yakni fungsi religius, edukatif, dan hiburan.

Baca Juga: Macam Macam Tari Tunggal

Unsur Unsur Pagelaran

tarian2

Ada beberapa unsur di dalam pagelaran yang harus kita pahamin agar kita dapat mengerti antara lain:

1. Penonton

Menonton sebuah pergelaran merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan, sebab dengan menonton sebuah pagelaran akan dapat membuat orang lepas sejenak dari kejenuhan dan kejemuan kehidupan sehari-hari.

Sebuah kepuasan merupakan kebahagiaan bagi penonton oleh sebab itu penonton sangat menginginkan sebuah materi sajian yang sangat menyenangkan.

Apabila sebuah sajian pergelaran tidak dapat memuaskan penonton hal ini dapat menimbulkan sebuah kekecewaanyang sangat besar bagi penonton Terkadang penonton dengan spotanitas dapat melontarkan sebuah tanggapannya.

Baik itu tanggapan kekagumannya ataupun kekecewaannya karena tidak merasa ada kepuasan dengan begitu penonton merupakan salah satu dari unsur yang sangat penting dalam sebuah pagelaran.

Baca Juga: Fungsi Tari Sebagai Upacara

2. Pemain

Pemain merupakan orang yang terlibat secara langsung baik sebagai juru gendang, juru sekar, atau yang memainkan pemeran sebagai seorang tokoh dalam sebuah materi sajian.

Pagelaran pemain merupakan sebuah unsur yang penting dalam pagelaran karena sebuah materi sajian langsung dipertontonkan oleh seorang pemain.

Sebuah keberhasilan dan kesuksesan suatu pagelaran sangat tergantung pada kekompakan pemain oleh karena itu pemain harus benar-benar siap sebelum pentas.

Dalam arti mereka harus siap dalam segala hal baik penguasaan materi sajian atau mentalitas sehingga mereka bisa bermain dengan sempurna sehingga akan dapat memberikan sebuah kepuasan terhadap penonton.

3. Penyelenggara

Penyelenggara adalah bagian dari sebuah management serta bagian yang berurusan langsung dengan kegiatan seni itu sendiri.

Yang dimaksud management adalah kumpulan dari seluruh orang – orang yang melakukan kegiatan dalam mengurus sebuah operasional dari pagelaran yang dipimpin oleh seorang produser.

4. Materi Sajian

Materi merupakan bentuk sebuah karya seni yang sudah siap untuk disajikan dengan maksud serta tujuan agar di adakannya sebuah pagelaran.

karena buruk dan baiknya sebuah materi sajian tergantung pada sebuah tujuan penyelenggara pagelaran itu sendiri baik pagelaran kecil maupun sebuah pagelaran besar.

Baca Juga: Teori Kontraksi

Fungsi Seni Pertunjukan

Adapun fungsi dari pagelaran dan sebuah seni pertunjukan yang harus kita ketahuin yaitu:

1. Sebagai Hiburan

Fungsi hiburan adalah sebuah seni pertunjukan untuk melepaskan suatu kejenuhan yang dapat menghilangkan sebuah penat dari kegiatan kita di dalam keseharian.

2. Ilmu Pendidikan

Fungsi pendidikan adalah sebuah Seni pertunjukan yang dapat berfungsi sebagai media pendidikan, dan sebagai nilai edukasi yang tertanam.

3. Fungsi Bidang Sosial

Fungsi sosial adalah sebuah seni pertunjukan yang dapat digunakan untuk menyampaikan sebuah penyampaian gagasan, kritik sosial serta menyampaikan sebuah kebijakan kepada masyarakat atau bisa sebagai komunikasi.

4. Sebagai Estetik

Fungsi estetik adalah sebuah seni pertunjukan yang dapat berfungsi sebagai sumber media untuk mengekspresikan sebuah diri bagi para seniman umumnya.

5. Fungsi Dalam Bidang Religius

Fungsi religus adalah sebuah seni pertunjukan yang sering digunakan sebagai sebuah pesan religi kepada semua penontonnya.

Baca Juga: Teater Transisi

Tugas Kepengurusan Dalam Pagalaran

1. Ketua pelaksana 

Tugas dari ketua pelaksana adalah untuk mengatur segala sesuatu hal dalam sebuah penyelengaraan pagelaran dan mampu dalam berkomunikasi serta dapat berkerjasama.

2. Wakil ketua

Tugas dari wakil ketua adalah untuk mendampingi ketua atau menggantikan posisi ketua apa bila ketua sedang berhalangan, serta dapat memberikan dorongan untuk memperlancar suatu kegiatan.

3. Sekertaris

mencatat notula semua kegiatan kepengurusan selama penyelenggaraan pergelaran, dan juga membuat laporan kegiatan sebelum dan setelah penyelenggaraan pergelaran.

4. Bendahara 

Tugas bendajara adalah sebagai penerima atau penyimpan sumber dana yang masuk dalam sebuah pembiayaan pagelaran serta dapat bertanggung jawab atas segala penggunaan mengenai keuangan.

5. Seksi sarana dan prasarana

Seksi sarana dan prasarana adalah sebagai pengurus serta melayani dan mempersiapkan segala kebutuhan dan alat-alat yang yang akan diperlukan dalam sebuah pagelaran.

6. Seksi latihan 

Seksi latihan adalah bertugas sebagai penangguang jawab dalam setiap latihan, serta menyusun semua jadwal dari setiap latihan, serta mengevaluasi setiap hasil dari latihan.

7. Seksi konsumsi 

Seksi komsumsi adalah bertugas agar dapat memberikan konsumsi selama kegiatan pagelaran bagi seluruh panitia, para pemain serta para undangan.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com pembahasan tentang fungsi pagelaran, semoga materi yang singkat ini mudah dipahami dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

 Baca Artikel Lainnya>>>>>